Searching...
Minggu, 10 Maret 2013

Tips dan Trik Efek Slow speed: Membuat garis-garis cahaya

Malam hari sangat identik dengan cahaya. Apalagi dengan cahaya yang berwarna-warni pasti menarik untuk diabadikan. Nah, akan lebih menarik lagi jika kita bisa membidik suatu objek di malam hari dengan semacam garis-garis cahaya. Garis-garis cahaya tersebut tentunya dapat membuat daya tarik sang foto. Efek yang kita gunakan untuk dapat membuat garis-garis cahaya tersebut adalah efek slow speed.

Shutter Speed: 15 sec F-stop f/22 ISO-100| Photographer: Yoga Izzani


Pada dasrnya efek slow speed yaitu apabila foto diambil dengan shutte speed yang rendah, sehingga muncul efek blur terhadap objek yang bergerak. Berikut ini saya akan memberikan sedikit tips / trik untuk membuat foto menakjubkan dengan teknik slow shutter speed. Anda yang memiliki kamera dengan shutter speed manual pastinya bisa melakukan tehnik ini.

1. Gunakanlah Tripod
Untuk menggunakan efek ini, kita diwajibkan untuk memakai tripod. Kenapa? ya.. agar hasil tangkapan kamera tidak blur akibat geraknya kamera. So, kita wajib menggunakan tripod untuk menghindari goyangan yang akan merusak hasil foto.


2. Gunakanlah fitur self timer

Pada dasarnya sama seperti tips nomor 1 diatas. Karena saat kita menekan tombol untuk "men-jepret" pasti ada goyangan. nah untuk mengakalinya, gunakanlah self timer agar pada sat kamera mulai "men-jepret" sudah tidak ada goyangan yang terjadi


Shutter Speed: 3 sec F-stop f/10 ISO-100| Photographer: Yoga Izzani
3.Atur durasi shutter
Kita harus pandai-pandai dalam mengatur durasi shutter. Misalnya jika anda ingin memotret objek manusia, jangan menggunakan durasi yang lama. contoh: 15" (15 detik) maka kemungkinn blur lebih besar, apalagi kalau objek susah untuk berpose diam. jadi gunakanlah shutter time yang lebih cepat.

4.Atur pencahayaan
Karena saat kita bermain dengan slow speed, durasi shutter akan lebih lama dari efek lain dan otomatis cahaya yang masuk akan lebih banyak . Untuk mengatasi foto yang kekurangan cahaya, set aperture ke nilai yang lebih besar, misalkan f/10 serta ISO ke nilai yng lebih tinggi untuk membantu pencahayaan.

Selamat mencoba :) 

0 komentar:

Posting Komentar